Taiko Elektrik






Taiko adalah alat musik tradisional khas Jepang yang berbentuk seperti drum dan di pukul agar mengeluarkan irama, tapi bukan rhoma irama raja dangdut, dunia terus berkembang ada suatu perusahaan alat musik di Jepang, yang bernama Roland bekerja sama dengan perusahaan Kodo pembuat taiko. Mereka sedang mengembangkan Taiko elektronik pertama di dunia yang sudah di uji coba pada tanggal 19 Agustus 2017 di perayaan hari bumi di pulau Sado kota Niigata.


Taiko ini mempunyai 2 sensor di bagian tengah dan pinggir, di tengah nya di pasang sebuah jaring tanpa di nyalakan tidak akan bunyi, jaring nya berbeda lo ya dengan jaring penangkap ikan. Saat di pukul sensor akan menyala dan mengirimkan sinyal sehingga mengeluarkan suara tiruan taiko atau bisa juga suara perkusi lainnya.


Taiko memiliki banyak jenis dan bentuk, tapi taiko elektrik ini hanya baru bermodel kecil saja yang bernama katsugi-daiko yang di desain untuk bisa di mainkan sambil di bawa, kalo di lihat dari desainnya ini mungkin mirip dengan taiko tsuzumi yang berbentuk seperti jam pasir dan tali yang mengikat di sekitarnya.

              Pengembangan taiko listrik ini di mulai pada tahun 2016, saat ini belum ada kabar lagi terkait perkembangan penelitiannya. Tetapi dari uji coba kemarin yang terbilang sukses dan semoga ini menjadi pertanda baik tentang pengerjaan dan perkembangan taiko elektrik.



Sumber :
http://www.japantrends.com/roland-kodo-worlds-first-electronic-taiko-drum/

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer